Training Of Trainer Pepeling Asih Indonesia

Training Of Trainer Pepeling Asih Indonesia

Training Of Trainer Pepeling Asih Indonesia

Pendahuluan

Training Of Trainer Pepeling Asih Indonesia. Training Of Trainer (TOT) Pepeling Asih Indonesia adalah program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas para pelatih dalam memfasilitasi pelatihan Pepeling Asih. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep dan metode Pepeling Asih serta memberikan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang pelatih yang efektif.

Tujuan TOT Pepeling Asih Indonesia

Program TOT Pepeling Asih Indonesia memiliki beberapa tujuan, antara lain:

  • Meningkatkan pemahaman tentang konsep dan prinsip dasar Pepeling Asih.
  • Mengembangkan keterampilan dalam memfasilitasi pelatihan Pepeling Asih.
  • Meningkatkan kemampuan untuk mengelola kelompok peserta pelatihan.
  • Meningkatkan pemahaman tentang evaluasi dan pengembangan program Pepeling Asih.

Materi Pelatihan

Program TOT Pepeling Asih Indonesia mencakup berbagai materi pelatihan yang relevan, termasuk:

  • Pengenalan konsep dan prinsip dasar Pepeling Asih.
  • Metode pelatihan yang efektif dalam konteks Pepeling Asih.
  • Keterampilan komunikasi yang baik dalam memfasilitasi pelatihan.
  • Keterampilan manajemen kelompok dalam konteks Pepeling Asih.
  • Teknik evaluasi dan pengembangan program Pepeling Asih.

Metode Pelatihan

Program TOT Pepeling Asih Indonesia menggunakan metode pelatihan yang interaktif dan partisipatif. Peserta akan terlibat dalam berbagai kegiatan, seperti diskusi kelompok, simulasi, permainan peran, dan studi kasus. Melalui metode ini, peserta akan dapat mempraktekkan dan mengembangkan keterampilan mereka dalam memfasilitasi pelatihan Pepeling Asih.

Peserta Pelatihan

Program TOT Pepeling Asih Indonesia terbuka bagi siapa saja yang memiliki minat dan komitmen untuk menjadi seorang pelatih Pepeling Asih yang berkualitas. Peserta yang diharapkan adalah:

  • Pegawai atau relawan organisasi sosial yang bekerja dengan anak-anak dan remaja.
  • Pendidik atau guru yang ingin mengintegrasikan konsep Pepeling Asih dalam pembelajaran mereka.
  • Individu yang ingin mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru dalam bidang Pepeling Asih.

Sertifikasi

Setelah mengikuti program TOT Pepeling Asih Indonesia, peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti partisipasi dan kompetensi dalam memfasilitasi pelatihan Pepeling Asih. Sertifikat ini diakui dan dihargai oleh Pepeling Asih Indonesia.

Informasi dan Pendaftaran

Untuk informasi lebih lanjut tentang program TOT Pepeling Asih Indonesia dan proses pendaftaran, silakan menghubungi Pepeling Asih Indonesia melalui:

Program TOT Pepeling Asih Indonesia merupakan kesempatan bagi individu yang ingin mengembangkan keterampilan mereka dalam memfasilitasi pelatihan Pepeling Asih. Dengan materi pelatihan yang komprehensif dan metode yang interaktif, program ini akan membantu peserta menjadi pelatih yang efektif dan berkualitas. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang pelatih Pepeling Asih yang handal, jangan lewatkan kesempatan ini. Segera daftarkan diri Anda dan tingkatkan kualitas Anda sebagai pelatih Pepeling Asih!

Training Of Trainer Pepeling Asih Indonesia

Sobat Pora, hadir kembali, Penanggung Jawab Humas dan Sisinfo Sekretariat Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Heru Bramoro memberitakan informasi kegiatan Training of Trainer (ToT) Pepelingasih Indonesia, di Jumbo Express-JE Kopi, Sabtu, 16-12-2023, oleh Asisten Deputi (Asdep Wawasan Pemuda bekerja sama dengan organisasi pemuda Pepelingasih Indonesia.

ToT adalah sebuah program pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI untuk meningkatkan kapasitas pemuda dalam bidang lingkungan hidup. Tujuan utama dari program ini adalah melatih peserta menjadi pemimpin dan pelatih yang dapat mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan di darat, laut, dan udara, serta mengolah sampah atau limbah menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomis. Acara dibuka secara langsung oleh, Edi Nurinda, Asdep Wawasan Pemuda, mewakili Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Asrorun Ni’am Sholeh.

Training Of Trainer Pepeling Asih Indonesia

Dalam sambutannya, sebelum membuka acara, beliau menyampaikan bahwa Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2020 dan telah melibatkan ratusan pemuda dari berbagai organisasi, seperti Pepelingasih, Muhammadiyah, BPBD, Pramuka, dan lainnya. Program ini juga mendapat dukungan dari Ikatan Alumni Pendidikan Indonesia (Ikapi) dan Eksyarpreneur, sebuah platform yang menghubungkan para pemuda yang bergerak di bidang lingkungan dengan peluang-peluang yang ada, tegas Edi.

Didahului sebelumnya oleh Ketua Umum DPP Pepelingasih, Hendrit Purwanto, yang menerangkan pentingnya ToT ini, dalam rangka meningkatkan peran pemuda, guna tetap mampu menjaga lingkungannya dan peduli terhadap lingkungan hidup dan menjaga kelestariannya.

Hadir pula, para undangan, dan segenap staf dari Asdep Wawasan Pemuda, Depta Eki Novian, Penanggung Jawab Humas dan Sisinfo, Heru Bramoro didampingi Anam.

Training Of Trainer Pepeling Asih Indonesia

Apakah Sobat Pora tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang program ini? Anda dapat mengunjungi [situs resmi Kemenpora] atau menonton

yang tersedia di YouTube. Sobat Pora juga dapat mengikuti akun media sosial Kemenpora dan Pepelingasih untuk mendapatkan informasi terbaru tentang kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup Pemuda dan lingkungan hidup Indonesia.

menpora

Jejak Sejarah Kelembagaan Kemenpora dari masa ke masa

Tonggak sejarah kelembagaan yang mengurusi pembangunan kepemudaan dan keolahragaan sebenarnya sudah ada sejak masa awal kemerdekaan Indonesia. Sebagaimana penelusuran tim tentang sejarah pengelolaan kegiatan olahraga dan pemuda oleh negara diketahui pada susunan Kabinet pertama yang dibentuk pada tanggal 19 Agustus 1945. Kabinet yang bersifat presidensial memiliki Kementerian Pengajaran yang dipimpin oleh Menteri Ki Hajar Dewantoro. Kegiatan olahraga dan pendidikan jasmani berada di bawah Menteri Pengajaran. Istilah pendidikan jasmani dipergunakan dalam lingkungan sekolah sedangkan istilah olahraga digunakan untuk kegiatan olahraga di masyarakat yang berupa cabangcabang olahraga. Usia kabinet pertama yang kurang dari tiga bulan kemudian diganti dengan Kabinet II yang berbentuk parlementer di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Sutan Sjahrir yang dilantik pada tanggal 14 November 1945.

Tangan Kanan Mengepal : Merupakan wujud Tekad, Semangat, Kokoh, Teguh, Kemauan kuat Pemuda untuk menjaga Negara Kesatuan Repubik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta Bhineka Tunggal Ika

Tiga pilar pada tangan mengepal : mempunyai makna ketiga peristiwa sejarah yaitu: Kebangkitan Nasional 1908, Sumpah Pemuda 1928 dan Kemerdekaan Indonesia 1945 yang Pelaku utamanya adalah Pemuda.

Warna Biru : mempunyai makna lambang/simbolik : Keliasan Pandangan dan Pikiran, Smart, Bergerak Maju, Inovatif dan Inspiratif, Kedewasaan, Kematangan, Penguasaan Ilmu Pengetahuan, dan Dinamis

By seoindo